International Culture Day 2023, Perayaan Budaya Dunia di Program Studi Hubungan Internasional (HI)





(Surabaya, 22 November 2023) - Mahasiswa Fakultas Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar acara International Culture Day 2023 pada tanggal 22 November 2023. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa HI mulai dari semester satu hingga semester lima sebagai bagian dari mata kuliah di program studi. Acara ini dihadiri oleh konjen dari Amerika, Jepang, Cina, dan Australia yang merupakan mitra kerjasama HI. 

Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mengapresiasi berbagai budaya dunia yang ada di kampus HI serta meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait multikulturalisme sekaligus hubungan masyarakat terutama dengan beberapa negara yang menghadiri. "Mereka mau bikin booth harus research dulu jadi kegiatan ini bisa menjadi latihan bagaimana bisa memahami budaya asing dalam waktu yang sangat singkat hanya dengan membaca lalu bisa memahami perbedaan custom dan juga beberapa tatacara dari negara tersebut, yang nantinya akan berguna ketika mahasiswa mendapat tugas atau bahkan kuliah ke luar negeri." tutur Luthfi Hidayatullah Sekretaris Program Studi Hubungan Internasional.  

Rangkaian acara International Culture Day 2023 terdiri dari talkshow, art performance, dan culture exhibition. Talkshow dilaksanakan di aula kampus HI dengan menghadirkan para konjen sebagai narasumber. Mereka membahas mengenai tujuan dan tugas para konjen serta isu-isu internasional dan Indonesia yang sedang hangat. Mahasiswa HI berpartisipasi dan sangat antusias selama sesi tanya jawab.




Art performance merupakan salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu. Setiap kelas HI menampilkan performa sesuai dengan negara yang dipilih. Ada yang menari, menyanyi, bermain musik, atau berakting dengan kostum dan properti yang mewakili budaya negara tersebut. Penampilan mereka mendapat tepuk tangan meriah dari para penonton dan konjen.

Culture exhibition adalah acara yang menampilkan stand bazar yang menyediakan makanan khas negara yang dipilih oleh setiap kelas HI. Para pengunjung dapat mencicipi berbagai kuliner dunia dengan harga terjangkau. Selain itu, ada juga maskot di setiap kelas yang melambangkan budaya negara yang mereka pilih. Para konjen juga menilai stand bazar dan memberikan apresiasi kepada kelas yang paling kreatif dan informatif.

Acara ini dimulai pukul 9 pagi dan berakhir pukul 4 sore. Pada akhir acara, panitia mengadakan open donasi for Palestina sebagai bentuk kepedulian HI terhadap kemanusiaan. Acara ini berjalan dengan lancar dan sukses. International Culture Day 2023 menjadi salah satu acara yang tidak akan terlupakan bagi mahasiswa HI dan para konjen. (LFA, NS, HB)

Komentar