Menuju Kepengurusan Yang Transparan Dan Demokratis Dalam KBMF FISIP Ke-VIII




Surabaya, (17/03/2023). Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melaksanakan agenda terakhirnya, yakni Kongres Besar Mahasiswa Fakultas (KBMF) yang diadakan di Hallroom Yayasan Mukmin Mandiri, Sidoarjo. Selain itu kegiatan ini terbuka untuk seluruh mahasiswa yang berada ditingkat fakultas.

KBMF merupakan kegiatan musyawarah yang dihadiri anggota Ormawa untuk menentukan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan lembaga kemahasiswaan yang berada ditingkat fakultas dan juga membahas mengenai persiapan rancangan pemilu raya.

KBMF FISIP ke-VIII kali ini mengusung tema “Demokrasi Deliberatif: Membentuk Kembali Struktur Ruang Publik Berdasarkan Transparansi dan Demokrasi”. Faizul Kamal selaku Ketua Senat Mahasiswa juga menjelaskan alasan pemilihan tema kali ini, “Dengan mengusung demokrasi deliberatif yang menjadi grand tema kali ini, kami berharap untuk tahun kedepan khususnya dibidang legislatif maupun eksekutif baik itu sema maupun dema lebih kompeten dan lebih fasih dalam arah gerak berorganisasi khusunya dalam demokrasi deliberatif, bagaimana postur dalam pertimbangan arah gerak, pertimbangan program dan sebagainya, lebih transparan dan lebih mengarah ke pengembangan mahasiswa.”

Adapun serangkaian acara KBMF yaitu mulai dari regristrasi, pembacaan ayat suci, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Uinsa, sambutan-sambutan, sidang pleno I yang membahas tentang peraturan tata tertib KBMF KE-VIII dan pemilihan tim presidium sidang, sidang pleno II membahas LPJ Sema dan Dema F, sidang pleno III membahas anggaran dasar (AD) dan anggaran rumah tangga (ART), sidang pleno IV membahas tentang Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), sidang pleno V membahas Tata Laksana Kerja Organisasi (LTKO) hingga penutupan acara yang diakhiri dengan pembacaan do’a dan penentuan KOPUWARDI dan BAWARSADI.

KBMF kali ini berjalan dengan lancar yang dapat dilihat dari diskusi aktif antar mahasiswa yang mengikuti serangkaian kegiatan tersebut. Hal ini juga tak luput dari usaha para panitia dalam menyiapkan acara. Meskipun begitu, Nesta Mackrice selaku Ketua Pelaksana juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa kendala dibalik persiapan KBMF kali ini. Namun meskipun begitu, dengan integritas anggota maka kendala tersebut dapat ditangani dengan baik.

Acara tersebut hadir dengan harapan besar khususnya untuk kepengurusan selanjutnya agar dapat mengembangkan Ormawa maupun SDM didalamnya supaya menjadi lebih baik dalam segi kualitas maupun kuantitas pada lingkungan Fisip. Pada forum ini, mahasiswa Fisip dapat melatih kemampuan mereka dalam beropini, melatih mahasiswa untuk berpikir kritis serta memiliki insight baru seputar dunia politik dalam ruang lingkup kampus. (KNM, RD, MIA)

Komentar