Debat Kandidat Dan Forum Multipihak Menuju Pemira Fisip 2023

 


    Surabaya, (11/04/2023). Rentetan kegiatan sebelum kegiatan pemilihan umum raya (PEMIRA) FISIP salah satunya yaitu debat kandidat dan forum multi pihak. Pemira sendiri merupakan proses pemilihan ketua Hima, Sema, dan Dema. Debat kandidat dan forum multi pihak kali ini dilaksanakan di Auditorium Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya Lt. 5 pada Senin, 10 April 2023 dengan tema, “Rekonstruksi Marwah Organisasi: Membangun Altruisme Tanpa Egoisme" yang diikuti oleh para kandidat yang menyalonkan.  Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk implementasi dari demokrasi yang harus dilaksanakan di FISIP.

    M. Altaf dari program studi Ilmu Politik semester 6 selaku ketua pelaksana debat kandidat dan forum multi pihak menjelaskan bahwa pengangkatan tema debat ini merupakan salah satu upaya untuk mengakomodir tercapainya pendahuluan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Untuk memahami membangun altruisme tanpa egoisme, kita harus mengetahui makna dari kedua kata tersebut terlebih dahulu. Altruisme merupakan lawan dari egoisme, bagaimana kita bisa membangun kepentingan umum (kepentingan orang lain) diatas kepentingan pribadi,” tuturnya.


  Debat ini terlaksana dengan baik dan lancar meskipun ada kandidat yang datang terlambat dikarenakan cuaca buruk, namun debat tetap berjalan dengan kondusif. Hal tersebut sejalan dengan pendapat Altaf, “Kegiatan hari ini sudah terselenggara sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, dan tetap ada beberapa hal yang harus di evaluasi.”

    Pada debat kandidat dan forum multi pihak kali ini, beberapa kandidat tidak memiliki lawan seperti Paslon Himasos dan Himahi, sehingga sudah dipastikan bahwa kandidat yang ada akan maju sebagai ketua. Menurut keterangan dari Altaf, beberapa sosialisasi juga sudah dilakukan pada beberapa kelas dan melalui media sosial namun sampai akhir tidak ada paslon tambahan untuk Himasos dan Himapol.Perlu diketahui sesuai dengan draf KBMF untuk mencalonkan diri menjadi ketua hima perlu usungan dari partai, PMS dan PRM merupakan dua partai di fisip, PMS sendiri tidak merekomendasikan kandidat dari HI dan Sosiologi. Untuk alasan partai tidak mengusung nama belum diketahui.” Ujarnya.

    Ahmad Rizal Efendi sebagai perwakilan dari Paslon yang tidak memiliki lawan juga memberikan pernyataan bahwa pada momen kali ini, Rizal sendiri sangat menyayangkan tidak adanya Paslon lain yang mendaftar, bagi rizal sendiri ia tidak melihat ini sebagai keuntungan karana ia tidak mencari posisi jabatan. Rizal merasa bahwa masih banyak mahasiswa yang harusnya sangat berkompeten untuk mencalonkan namun tidak ada yang mendaftarkan diri. Rizal juga menginginkan adanya paslon lain yang menjadi lawan debat agar dapat mengetahui kapasitas yang baik yang dibutuhkan untuk prodinya.

    Karena tidak adanya Paslon lain maka sudah dipastikan bahwa Paslon yang tidak memiliki lawan akan menjadi kandidat terpilih. dalam hal ini M. Mazi fatur R. Dan Rizal Efendi telah menjadi ketua dan wakil ketua Himahi yang baru. Harapan dari Rizal sendiri adalah kedepannya ingin mengeratkan solidaritas di antara masyarakat HI sendiri dan untuk Himahi sendiri agar selalu semangat dan sigap dalam menjalankan proker proker kedepannya. (LFA, TRR, DHA, MIS)

 

 

 

Komentar